Selasa, 02 November 2010

GUNUNG MERAPI

1. Geografis:
* Letak/posisi
* Ketinggian
1. Merapi adalah nama sebuah gunung berapi di provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta, Indonesia yang masih sangat aktif hingga saat ini. Sejak tahun 1548, gunung ini sudah meletus sebanyak 68 kali. Letaknya cukup dekat dengan Kota Yogyakarta dan masih terdapat desa-desa di lerengnya sampai ketinggian 1700 m. Bagi masyarakat di tempat tersebut, Merapi membawa berkah material pasir, sedangkan bagi pemerintah daerah, Gunung Merapi menjadi obyek wisata bagi para wisatawan. Kini Merapi termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Merapi.

2. Lokasi Klaten, Boyolali, Magelang (Jawa Tengah), Sleman (DI Yogyakarta)
keraton yogya

















3. juru kunci gunung merapi mbah marijan yang menjadi korban letusan  gunung merapi , mbah marijan ditemukan di rumahnya saat beliau sedang melaksanakan solat. Mbah marijan ditemukan pada tanggal ( 27 10 10 )









4. Aktivitas gunung merapi
Sleman (ANTARA News) - Kondisi aktivitas Gunung Merapi di perbatasan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah hingga Rabu malam belum menunjukkan perubahan yang signifikan.

Kegempaan vulkanik dan "multiphase" Gunung Merapi sempat sedikit mengalami penurunan pada Selasa (19/10) dibanding sehari sebelumnya, ujar petugas pos Pengamatan Gunung Merapi (PGM) Kaliurang Sleman Triono, Rabu malam.

"Sampai saat ini tidak ada perkembangan yang berarti di puncak Gunung Merapi, hanya saja untuk rekaman kegempaan pada Selasa (19/10) dan Rabu hingga pukul 08.00 WIB memang ada sedikit penurunan, namun ini tidak berarti aktivitas Gunung Merapi turun," jelasnya.

Menurut dia, untuk kegempaan sepanjang Selasa (19/10) tercatat gempa vulkanik A hanya terjadi tiga kali, vulkanik B 14 kali dan gempa "multiphase" (MP) 200 kali serta guguran tercatat sebanyak 54 kali.

Sedangkan pada Rabu dari pukul 00.00 WIB hingga pukul 08.00 WIB tercatat gempa vulkanik A sebanyak lima kali, vulkanik B empat kali dan gempa MP sebanyak 104 kali serta guguran terjadi 15 kali.

"Sedangkan pada Senin (18/10) terjadi 52 guguran, 201 gempa multiphase, lima kali gempa vulkanik A dan 18 kali gempa vulkanik B, ada kemungkinan hari ini (Rabu) kegempaan akan kembali meningkat karena data hingga pukul 08.00 WIB gempa sudah menunjukkan terjadinya peningkatan," katanya.

Ia mengatakan, saat ini memang pergerakan magma mulai dirasakan mendekati ke puncak Gunung Merapi yang ditandai dengan peningkatan suhu di puncak.

"Memang dari pemantauan saat ini suhu di puncak terjadi peningkatan mencapai sekitar 75 derajat Celcius dari sebelumnya yang hanya berkisar 73 derajat Celcius," katanya.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta Subandrio mengatakan, aktivitas Gunung Merapi saat ini terus meningkat dan sudah terjadi percepatan deformasi gunungnya yang sudah bertambah sembilan sentimeter ke arah selatan.

"Apabila ada perubahan cepat dari aktivitas Gunung Merapi, maka masyarakat maupun pemerintah harus benar-benar siap mengantisipasi bencana Gunung Merapi sedini mungkin," katanya.

Menurut dia, pola erupsi Gunung Merapi saat ini berbeda dengan pola erupsi 2006. Jika pada 2006 perubahan aktivitas Gunung Merapi mulai dari status waspada hingga status awas berjalan pelan tapi pasti, namun pola erupsi tahun ini perkembangannya berubah-ubah dan cenderung lebih kuat bandingkan 2006.

"Erupsi Gunung Merapi pernah menjangkau sejauh 15 kilometer dari puncak dengan material yang dikeluarkan mencapai 30 juta meter kubik, sedangkan erupsi 2006 material yang dimuntahkan sebanyak 14 juta meter kubik dan hanya mengubur lingkungan hingga kejauhan tujuh kilometer dari puncak Gunung Merapi," katanya. (V001/K004)
5. EFEK NEGATIF GUNUNG MERAPI
Kalo sisi negatifnya itu diakibatkan karena dampak yg ditimbulkannya pada manusia dan makhluk hidup laennya.
Letusan gunung api dapat menyebabkan banyak korban jiwa.
Kalo letusannya dahsyat, debu vulkaniknya dapat menutupi atmosfer seperti pada letusan gunung Tambora dan Krakatau.
.
Tenang aja, gunung api itu hanya proses alam yg nampak mengerikan tapi hasilnya bener2 Indah.
6. EFEK POSITIF GUNUNG MERAPI
kita memandang dari segi positif dulu.
.
1. Debu vulkanik dapat menyuburkan tanah dalam waktu beberapa tahun kedepan. Itu lah mengapa Indonesia termasuk daerah subur. Salah satu faktornya yaitu adanya gunung api.
.
2. Aktifitas gunung api dapat menghasilkan geothermal ato panas bumi yg sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari.
.
3. Sisa2 aktivitas gunung api dapat menghasikan bahan2 tambang yg berguna dan bernilai tinggi. Seperti belerang, batu pualam dan laen-laen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar